Selasa, 05 April 2011

PENGENALAN PEMROGRAMAN C

Bahasa C termasuk sebagai salah satu bahasa pemrograman terstruktur-prosedural. Bahasa C merupakan bahasa-pemrograman yang multi guna (general-purpose language). Bahasa C dapat digunakan untuk membangun berbagai macam aplikasi, seperti pemrograman sistem, aplikasi kecerdasan buatan (artificial intelligence), sistem pakar (expert systems), utilitas (utility), driver, database, browser, pemrograman jaringan (network programming), sistem operasi (operating systems), permainan (game), virus, dan sebagainya.
Bahasa C banyak mengalami kemajuan dan perubahan. Bahkan hingga kini, bahasa C masih banyak digunakan dan dipelajari. Seorang programmer profesional belum lengkap tanpa mempelajari bahasa C. Sistem-sistem operasi terkemuka seperti UNIX dan Windows juga dibangun dengan menggunakan bahasa C.
Pada tahun 80-an penggunaan bahasa C di dunia industri semakin meluas, sehingga kemudian distandarisasi oleh ANSI, diadopsi oleh ISO, dan kemudian diadopsi ulang oleh ANSI. Official name bahasa C adalah ISO/IEC 9899-1990. Dalam pembuatan program menggunakan bahasa C, hendaknya selalu mengacu pada standar ISO C. Bahasa C tidak banyak menyediakan kata-kata kunci (keywords) ataupun pernyataan/statemen. Sebagai gantinya, C menyediakan berbagai fungsi yang dapat digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar